Pages

Sabtu, 30 November 2013

Reflectance Modelling 3

Pantulan Specular

Cahaya yang masuk terhadap suatu objek dapat dipantulkan ke berbagai arah, namun ada beberapa benda yang dapat memantulkan cahaya lebih banyak pada arah tertentu, misalkan cermin atau plastik. Kekuatan cahaya yang lebih besar pada arah tertentu dibandingkan dengan arah lain membuat mata kita memperoleh kesan bercahaya atau highlight.

Untuk permukaan berupa cermin, maka seluruh cahaya akan dipantulkan ke satu arah yang sama yaitu arah r, tetapi permukaan yang tidak terlalu bersifat cermin maka pantulan cahaya akan memudar dengan cepat seiring bertambahnya sudut antara r dan v.

Pantulan Diffuse

Diffuse Merupakan sifat pantulan cahaya dimana cahaya yang datang dipantulkan ke segala arah, sehingga permukaan benda terlihat lebih kasar. Contoh benda bersifat diffuse misalnya: batu, meja, tembok.

Membuat model reflektansi di blender

Membuat model kaca
Untuk membuat model reflektansi, pertama-tama yang perlu diketahui adalah membuat kaca. Sebelum memodifikasi pengaturan tombol untuk mensimulasikan kaca, kita harus mengetahui fitur-fiturnya. Pertama, kaca itu transparan; kedua, kaca itu reflektif. Hal yang tidak kalah penting adalah indeks bias dari kaca. Berkiasar antara 1,5 dan 1,89, dari yang paling ringan ke berbagai terberat dari kaca. Lihatlah Gambar 3, yang menunjukkan UI Material dengan pengaturan kaca, untuk mendapatkan ide tentang bagaimana kaca bisa disimulasikan.


Membuat kuningan
Membuat bahan logam di Blender tidak begitu sulit. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan adalah nilai yang benar warna difusi, reflektifitas, kilau dan tampilan mengkilap. Gambar berikut berisi nilai yang benar disesuaikan untuk mensimulasikan tampilan kuningan.

0 komentar:

Posting Komentar